Legenda Dibalik Objek Wisata Gunung Semeru Yang Indah

Legenda Dibalik Objek Wisata Gunung Semeru Yang Indah – Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang letaknya di Kabupaten Malang dan Lumajang. Secara keseluruhan Gunung Semeru memiliki puncak ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut. Sebenarnya Mahameru adalah sebutan puncaknya dan Jonggring Saloko adalah nama kawahnya. Maka tak heran jika para pendaki lebih menyukai dengan sebutan Mahameru.

Puncak Mahaperu sendiri semakin terkenal setelah adanya Film Indonesia yang menggambarkan pemandangan di Gunung Semeru melalui judul film 5 cm. Anda pun bisa melakkukan pendakian Gunung Semeru dengan biro perjalanan dari macam paket wisata. Keindaan panorama alamnya, di Mahameru memang menjadi data tarik wisatawan. Inilah legenda dibalik objek wisata Gunung Semeru yang indah yang bisa disajikan berikut ini.

Legenda Keindahan Objek Wisata di  Gunung Semeru

Legenda Menarik dari Gunung Semeru

Legenda Menarik dari Gunung Semeru

Gunung Semeru memang memiliki kisah yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Konon dulunya Semeru adalah gunung yang penting di ajaran agama Hindu terdapat atau terletak di India bernama Gunung Meru serta dipindahkan ke Pulau Jawa. Hal tersebut rupanya didasarkan pada Kitab Tantu Pagelaran. Alkisah, Gunung Meru menjadi paku yang dikatakan untuk Pulau Jawa agar tak berguncang atas bantuan para Dewa. Hal ini karena sebelum Gunung Meru beralih ke Pulau Jawa, Pulau Jawa merupakan sebuah Pulau yang terombang-ambing di lautan luas. Era pemindahan Gunung ini, Dewa Shiwa berkembang menjadi menjadi seekor kura-kura raksasa yng berenang menuju Pulau Jawa dan Gunung Semeru dipikul di atas tempurungnya.

Sejarah Gunung Semeru Bagi Umat Hindu-Budha

Legenda Menarik dari Gunung Semeru(2)

Gunung Semeru memiliki tempat yang khusus bagi umat Hindu dan Budha di Indonesia pada umumnya. Gunung ini dipersonifikasikan sebagai gunung suci yang berada di India. dalam kosmologi Hindu dan Budha Semeru berasal dari bahasa sangsekerta yang berarti Sumeru “Meru Agung” adalah pusat alam semesta baik secara fisik maupun metafisik (spiritual). Gunung ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para Dewa (Siwa).

Gunung ini juga dianggap sebagai “Lingga Acala” lingga yang tidak bergerak sekaligus juga berarti lingga yang bukan diciptakan oleh manusia. Dalam bahasa Jawa Kuno, Acala memang juga diartikan gunung atau karang. Dalam Teks-teks “Purana” India yang tergolong kitab Upaweda (penjelasan lebih lanjut atas Weda) memang menyebutkan Tuhan Yang Mahatunggal bersemayam di puncak Mahameru, yang dikenal juga dengan nama Gunung Kailasa atau Gunung Himawan.

Mahameru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Mahameru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru mampu menyedot berbagai wisatawan hingga mancanegara. Bahkan terdapat tanah tertinggi di kawasan ini, yakni Ranu Kumbolo, Soe Hok Gie,  yang merupakan lokasi pembuatan Film 5 cm. Selain keindahan panorama alam dan legenda keberadaannya ternyata gunung Semeru memiliki Peninggalan Arkeologi berupa Arca (Arcopodo) dan prasasti kumbolo. Menurut prasasti kumbolo adalah prasasti yang diperkirakan peninggalan dari kerajaan KedirI, sedangkan Arcopodo diperkirakan peningalan jaman kerajaan Majapahit.

Bagaimana cukup menantang bukan berlibur ke Gunung Semeru? Pastikan anda mengatur jadwal ke Mahameru guna melakukan pendakian yang mengesankan. Baca juga Tempat Wisata Curug Cilember Dengan Keindahan Alamnya dan Spot Taman Wisata Matahari Bogor Paling Terkenal

Leave a Reply