Hal-Hal Yang Menarik di Objek Wisata Danau Singkarak

Hal-Hal Yang Menarik di Objek Wisata Danau Singkarak – Danau Singkarak merupakan danau yang membentang luas sebagai kebanggaan warga Sumatera Barat sekaligus wisata alam andalan. Danau ini memang memiliki keunikan tersendiri dibandikan dengan danau-danau lainnya. Konon di Danau Singkarak hanya ada 19 jenis ikan yang tercatat hidup.

Di sini kawasan danau tersebut wisatawan dapat berenang di air danau yang jernih, naik sampan untuk mengelilingi danau, memancing di tepian danau, atau ikut nelayan menangkap ikan. Danau yang berlatar belakangkan bukit barisan yang hijau ini sayang sekali untuk dilewatkan. Inilah hal menarik di wisata alam Danau Singkarak

Inilah Hal Menarik di Wisata Alam Danau Singkarak

Tour de Singkarak

Tour de Singkarak

Tour de Singkarak merupakan sebuah event balap sepeda tingkat internasional yang rutin diselenggarakan tiap tahun. Biasanya waktu penyelenggaraanya selama seminggu antara bulan April dan Juni dengan tuju etape yang harus dilintasi para peserta. Tour de Singkarak juga memberikan pengenalan budaya dan keindahan alam Sumatera Barat. Sepanjang rute yang harus ditempuh, peserta akan disuguhi pemandangan keberagaman budaya Minang dan pesona alamnya. Rupanya Danau Singkarak masih tetap menjadi bagian dari Tour de Singkarak bersama dengan Danau Maninjau.

Ikan Bilih di Danau Singkarak

Ikan Bilih di Danau Singkarak

Menurut warga setempat, ada sekitar 19 jenis ikan yang hidup di perairan Danau Singkarak. Salah satu dari jenis ikan tersebut adalah ikan bilih (Mystacoleucus padangensis) yang menjadi istimewa karena hanya bisa hidup di danau ini saja. Ikan bilih menjadi sumber ekonomi warga sekitar. Nelayan menangkapnya dan menjualnya ke warung-warung. Selain itu, ikan bilih goreng kering juga tersedia di tempat penjualan oleh-oleh sekitar tempat wisata.Ikan dikemas dalam plastik berbagai ukuran dan termasuk oleh-oleh khas Singkarak.

Panjang Danau Singkarak Kian Bertambah

Panjang Danau Singkarak Kian Bertambah

Danau Singkarak tergolong sebagai danau tektonik dengan ukuran danau yang masih bisa berubah mengikuti persegeseran lempeng bumi. Berdasarkan hasil penelitian para ahli, panjang danau pada awalnya hanya 3 km, kemudian bertambah menjadi 8 km, 13 km dan sekarang sekitar 23 km.  Konon panjang danau ini diperkirakan masih akan terus bertambah dari waktu ke waktu yang merupakan ciri khas dari Danau Singkarak.

Pesona Keindahan Danau Singkarak

Pesona Keindahan Danau Singkarak

Keindahan tempat wisata Danau Singkarak pertama kali dikenal luas pada tahun 1905 melalui jurnal biologi milik Ernst Haeckel, seorang peneliti dari Jerman. Rupanya Haeckel  terkagum-kagum dengan keindahan danau tersebut, sehingga membuatnya merangkum keindahan Danau Singkarak dalam sebuah lukisan. Maka tak heran jika objek wisata ini ramai sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan tempat wisata danau. Selain kegiatan-kegiatan menarik, pengunjung juga bisa melakukan wisata kuliner di warung-warung sekitar tempat wisata.

Itulah Hal-Hal yang Menarik di Wisata Alam Danau Singkarak. Pemandangan semacam inilah  yang nantinya akan diumpai di objek wisata di Sumatera Barat. Apalagi pesona keindahannya, danau ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup mengesankan untuk berlibur bersama keluarga. Pastikan anda tak akan melewatkan Danau Singkarak tersebut. Baca juga Keindahan Alam Dari Air Terjun Cibeureum dan Tempat Wisata Curug Cilember Dengan Keindahan Alamnya

Leave a Reply