Tempat-tempat di Nusa Penida dengan Pemandangan Alam yang Keren

Tempat-tempat di Nusa Penida dengan Pemandangan Alam yang Keren – Pulau Nusa Penida adalah daerah kepulauan kecil yang letaknya di bagian selatan Bali dipisahkan oleh selat Badung. Apabila ingin liburan ke Nusa Penida, terlebih dahulu harus menyebrang lewat jalur laut. Sarana transportasi laut yang tersedia ke tempat ini di antaranya sampan tradisional (jukung), speed boat, kapal roro ( moda transportasi utama).

Nusa Penida terdiri dari tiga pulau utama; Nusa Gede, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan. Gelut wisata Nusa Penida kini berkembang melesat, sebagaimana dikatakan “Telur emasnya Bali” sedang menetas. Terbukti dengan beberapa tahun terakhir semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.  Ada begitu banyak tempat indah yang unik dan mempesona bahkan eksotis untuk menghabiskan liburan di Nusa Penida. Berikut ini tempat-tempat di Nusa Penida dengan pemandangan alam yang keren.

  1. Crystal Bay Beach.

Crystal Bay Beach

Crystal Bay sering dikenal Pantai Penida menawarkan pemandangan alam yang keren dengan panorama yang indah. Lokasi di Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida. Dikelilingi dua tanjung, sebuah bukit kecil di laut lepas, masyarakat menyebutnya Batu Jineng.  Crystal Bay menjadi tempat terfavorit bagi banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara sebagai tujuan wisata alam.

Karena pantainya menghadap ke barat, Jadi bisa menyaksikan matahari terbenam. Tak hanya itu, di crystal bay juga dapat beraktivitas seperti diving, snorkeling, renang, berjemur dan bermain bola pantai.

  1. Pantai Atuh

Pantai Atuh

Pantai Atuh adalah pantai tersembunyi dengan pemandangan alam yang keren, dikelilingi oleh tebing tinggi menakjubkan bagai tembok besar dan memiliki pasir putih yang luas. Lokasinya berada di Banjar Pelilit, Nusa Penida. Di timur pantainya, ada beberapa bukit panorama yang dapat dilihat dari tebing tertinggi.

Bukit terbesar disebut Padasan Bukit, memiliki tempat yang cocok untuk memancing dan berkemah. Aktifitas berenang dan snorkling sangat menyenangkan dilakukan di sini untuk menyaksikan terumbu karang yang eksotis dan penuh warna, serta ikan-ikan. Dan beberapa aktifitas lain juga tak kalah seru seperti berjemur, bermain di pasir, berkemah, dan  banyak lagi.

  1. Pasih Uug (Broken Beach)

Pasih Uug (Broken Beach)

Pasih Uug ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu tebing yang di tengahnya terdapat lubang atau sebuah terowongan yang bisa ditembus air laut. Seolah-olah airnya terperangkap di tengah terowongan terpisah dari lautan. Bentuknya yang melingkar dengan tebing-tebing tinggi di sekelilingnya membuatnya tampak bagai benteng yang kokoh. Jika rumput-rumput mulai tumbuh subur saat musim penghujan maka pemandangan di sekitarnya tampak lebih keren lagi.

Di atas tebing yang berlubang, terlihat seperti jembatan dan yang bisa dilalui di atasnya. Liburan ke Nusa Penida akan lebih menyenangkan bila bersama-sama teman atau keluarga. Pasih Uug atau Broken Beach berdekatan dengan Angel’s Billabong.

  1. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri

Goa Giri Putri adalah salah satu goa di Banjar Karangsari, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung-Bali.  Goa Giri Putri yang berada di Banjar Karangsari, Nusa Penida ini memiliki bangunan pura. Goa ini sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa Siwa yang diyakini untuk memelihara dan merawat manusia.

Panjang Goa Giri Putri ini sekitar 262 m dan tinggi 150 m dpl. Bagian goa memiliki ciri khas menarik seperti kelelawar, stalagnit dan stalagtit. Satu tempat persembahan di bagian depan goa dan tiga tempat persembahan ada di bagian dalam.

Pada bagian dalam ditemukan aliran air yang diyakini sebagai air suci. Masyarakat akan mengunjungi goa ini untuk sembahyang hari Kuningan dan Galungan. Bagian lain yang menarik adalah pintu masuk yang sangat kecil padahal ketika tubuh sudah masuk ke dalam akan terlihat besar dan sangat luas.

  1. Angle’s Billabong

Angle’s Billabong

Nusa Penida sebagai tempat wisata unik memiliki objek wisata Angel’s Billabong sebagai bidadarinya Pulau Nusa Penida. Kata Billabong dari Bahasa Inggris, artinya ujung dari sebuah sungai yang buntu. Sebagai muara akhir dari sebuah sungai Pulau Nusa Penida sebelum air sungai tersebut sampai ke laut lepas. Di muara sungai ini airnya sangat tenang dan jernih.

Selain itu terdapat cerukan-cerukan membentuk kolam alami yang sangat indah dan cantik dan mungkin belum tentu ditemukan di tempat lain. Dengan ciri khas artistik berbatu karang hijau kuning akan menambah keren pemandangan alam di Angel’s Billabong ini.

Tempat ini berada di sebelah Pasih Uug, Banjar Sumpang. Pengunjung dapat berenang dan bersantai namun tidak dianjurkan ketika gelombang laut besar.

  1. Tembeling Water Spring (Mata Air)

Tembeling Water Spring (Mata Air)

Di tempat ini merupakan kolam renang alami dengan pemandangan alam yang keren, di bawah tebing hutan yang hijau. Mata air yang segar keluar dari goa rahasia, mengalir ke kolam renang lalu ke laut. Hutan lebat di sekitarnya membuat semakin tampak indah dan keren.

Tidak semua kolam renang bisa direnangi oleh perempuan. Kolam khusus untuk wanita berada dekat dengan pantai sementara yang di atas untuk pria.Untuk mencapai tembeling water spring harus ekstra tenaga berjalan kaki, atau bisa menggunakan ojek.

Demikian ulasan tempat-tempat di Nusa Penida dengan pemandangan alam yang keren. Begitu banyaknya tempat wisata lainnya di Nusa Penida dengan pemandangan yang keren yang tak diulas semua di sini. Bahkan jika mengunjunginya pun tidak bisa dieksplor semua hanya dalam sehari. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply